FGD Laporan Akhir RTRW
Sambutan Bupati Maluku Tengah

Minggu, 22 Sep 2019 | 02:36:27 WIB - Oleh pemkab


FGD Laporan Akhir RTRW

Masohi,Gatra.com-
Provinsi Maluku termasuk daerah dengan tingkat resiko bencana kategori tinggi dan sedang. Meliputi wilayah Kabupaten Maluku Tengah yang luas wilayahnya mencakup sebagian Pulau Ambon.
Kategori bencana tersebut dibuktikan dengan sering terjadinya gempa bumi, angin puting beliuang, banjir, tanah longsor maupun kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Berikut bencana kekeringan akibat izin pemanfaatan hutan. Selain itu, salah satu tantangan yang dihadapi Kabupaten Maluku Tengah di masa depan adalah ketersediaan air tanah.
Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, seyogyanya menetapkan arah pembangunan daerah berbasis mitigasi bencana dalam rencana detail tata ruang pada penyusunan rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2011-2031 mendatang, yang meliputi pembangunan sarana prasarana, pembentukan jalur-jalur evakuasi, sosialisasi termasuk mempertimbangkan potensi yang berada dalam zona kebijakan strategis nasional seperti perikanan.
"Iya, tentu RTRW ini secara umum sesuai Undang-undang. Salah satunya, mempertimbangkan mitigasi bencana," ujar ahli penataan ruang Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Joni.
Mitigasi bencana katanya, menjadi satu aspek penting dalam penataan ruang di Kabupaten Malteng yang memiliki tingkat bencana. "Memang, aspek ini menjadi pertimbangan RTRW," ulasnya.
Di sela-sela pembobotan revisi RTRW di Kota Masohi itu, Joni mengatakan revisi tersebut juga mendorong perekonimian lokal dan sektor lainnya.
Sementara, terhadap ketersediaan air tanah, ahli hidrologi UGM, Prof Dr. Ing L Setiawan Purnama mengatakan, segala sumber air berasal dari air hujan.
Nah, untuk mengatasi kekurangan air adalah pembangunan embung atau kolam penampung air hujan. Hal mana, kepulauan Maluku, katanya, kategori pulau kecil dengan minimnya ketersediaan air tanah.
Lebih lanjut, terhadap seluruh cakupan masalah yang dikemukakan organisasi perangkat daerah, kata Setiawan membutuhkan isu strategis yang melibatkan multi-sektor.
Reporter: Ancha S. Sapsuha
Editor: Zairin Salampessy



Selasa, 28 Mei 2019, 02:36:27 WIB Oleh : pemkab 507 View
Pemda Maluku Tengah Menempatkan Bidang Pendidikan Prioritas Pembangunan Daerah
Selasa, 28 Mei 2019, 02:36:27 WIB Oleh : pemkab 373 View
Diskominfo Malteng Gelar Rakoor Percepatan Terciptanya E Goverment
Minggu, 22 Sep 2019, 02:36:27 WIB Oleh : pemkab 164 View
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Malteng Gelar Paripurna Kua-Ppas Rapbd Tahun 2018