Evaluasi Sistim Informasi Siaga Kebakaran, Ini Kontak Damkar Malteng
User

Evaluasi Sistim Informasi Siaga Kebakaran, Ini Kontak Damkar Malteng

MALTENGKAB-Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), yang membawahi bidang Pemadam Kebakaran (Damkar), melakukan evaluasi terkait kesiagaan petugas dalam merespon setiap kejadian kebakaran. 

Kebakaran beruntun yang terjadi dalam sehari di Kota Masohi, Maluku Tengah, Rabu 24 Februari 2021, memantik perhatian publik terkait kesiapan petugas Damkar, PolPP dalam memadamkan si jago merah. 

Publik juga menilai ada keterlamabatan petugas Damkar merespon kebakaran. Selain kesiagaan petugas Damkar, mobil pemadam kebakaran yang dioperasikan hanya satu juga jadi perhatian.  

Kepala Sat Pol PP Malteng, Boni Kabrahanubun ditemui di Kantornya, Selasa 2 Maret 2021, mengatakan, pihaknya serius untuk melakukan evaluasi tanggap kebakaran. "Keterlambatan (petugas) memadamkan api saat kebakaran memang jadi perhatian untuk diperbaiki. Salah satu penyebabnya akses kontak via seluler ke kita yang mungkin sulit. Tapi saat ini kita lakukan evaluasi," ujar Boni. 

Boni mengatakan, evaluasi yang dilakukan salah satunya adalah sistim informasi kebakaran. Dikatakan selama ini, kontak seluler petugas Damkar sangat terbatas untuk diakses publik. 

"Kita perbaiki sistim informasi dengan perbanyak nomor kontak seluler milik petugas Damkar yang bisa diakeses publik. Masyarakat harus juga tahu nomor kontak seluler petugas. Saya ingin nomor kontak petugas Damkar sebanyak-banyaknya bisa diakses publik," tandas pria yang pernah jabat Kabag Humas Setda Malteng itu. 

Banyaknya nomor kontak seluler petugas Damkar yang bisa diakses publik kata Boni, dapat membantu pihaknya dalam merespon cepat setiap kejadian kebakaran. "Setiap kejadian kebakaran informasikan secepatknya dan itu dapat membantu kita bertindak cepat," harap Boni. 

Sebagai bahan sosialisasi, jika kebakaran terjadi, warga sekitar juga berikan akses luas petugas Damkar untuk memadamkan api. Selain itu warga tidak halangi petugas dengan membiarkan parkiran kendaraan berada pada akses masuk titik kebakaran.  

"Sebagai sosialisasi juga, masyarakat harus mengikuti permintaan petugas Damkar saat padamkan api. Bantu sterilkan jalan masuk dan jangan masuk ke TKP (kobaran api). Masyarakat jangan halangi akses masuk petugas Damkar, setelah di TKP masyarakat bantu dengan ikut arahan petugas. Karena sering masyarakat mau bantu tapi tidak tahu teknik yang baik dalam memadamkan api, sehingga harus ikut arahan petugas," jelasnya. 

Selain itu, Boni mengakui mobil pemadam kebakaran yang saat ini  dioperasikan hanya satu. Ia pastikan tahun ini dua mobil siaga untuk merespon kebakaran. 

"Sebenarnya kesiapan kendaraan dan personil siaga Damkar itu selalu sudah siap. Di sini hampir setiap saat kita simulasi, perbiasakan dengan pengalaman hadapi situasi. Untuk kendaraan minimal dua, saat ini yang aktif satu. Dan satu mobil rusak kita usahakan diperbaiki sehingga kita bisa gunakan dua mobil untuk siaga kebakaran," tutupnya.  

Ini nomor kontak seluler pihak SatPol PP yang bisa dihubungi masyarakat jika terjadi kebakaran di Kota Masohi dan sekitarnya. 
 
Kepala Satpol PP Malteng

Boni Kabrahanubun 081343042023 - 081240894511
 

Kepala Bidang Damkar

A. Latuamury 081354044317 

Anggota Damkar

Angki Pea 081248778929.
Hendra Wattimena 081343357948.
Semi Latuconsina 082297111017. 
Humaidi Talaohu 082398927192. 
Suwandi 085254474700. 
Hayudin Wali 081247294332. 
Yanhard Laga 081247784010.


Image

Write a Facebook Comment

Comments ( 2 )

Leave a Comments

Kanan - Iklan Sidebar

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang penaganan Covid-19 di Maluku Tengah