Sidak Pasar Dalam Rangka Mengatasi Inflasi

images description

5 Februari 2024, Sidak pasar dalam rangka mengatasi inflasi yang dilaksanakan oleh Asisten II Setda Maluku Tengah Bapak Drs. Nova Anakotta, M. Si, hal ini dilakukan berdasarkan arahan Penjabat Bupati Maluku Tengah setelah melakukan rapat pengendalian Inflasi 2024 bersama TPID. Asisten II Setda Maluku Tengah mengambil langkah cepat agar penanganan Inflasi di Maluku Tengah dapat dikendalikan dengan baik, terlebih per Januari 2024 Maluku Tengah dijadikan sebagai Daerah IHK (Indeks Harga Konsumen).

Untuk itu dalam rangka mengatasi inflasi di Maluku Tengah, TPID ( Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan sidak pasar untuk mendapatkan indeks konsumen yang akan di laporkan pada Penjabat Bupati Maluku Tengah sekaligus melakukan  penertiban pedagang, penertiban pedagang dimaksud agar pedagang di pasar Binaiya Masohi bisa menempati tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah, hal ini dilakukan agar terciptanya kenyamanan antara pedagang dan pembeli. Sidak yang dilakukan diantaranya Sidak harga barang dimulai dari harga beras, minyak goreng, tomat ,cabai, bawang dan harga sembako lainnya. Dalam kesempatan tersebut Asisten II juga Meninjau Lokasi Pasar Duafa dan gerai TPID.

Dari hasil sidak pasar pemerintah daerah mendapati beberapa pedagang menjual barang yang disubsidi pemerintah diluar harga yang semestinya untuk itu pemerintah daerah akan melakukan Langkah – Langkah agar penjual dipasar dapat menjual barang-barang yang disubsidi pemerintah dengan harga yang sudah ditentukan, hal ini tentunya berpengaruh terhadap penurunan inflasi di Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2024.

 

Sumber : DISKOMINFO_MALTENGKAB