Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 Di Maluku Tengah

images description

Peringatan hari Ibu ke 94 tahun di Tahun 2022 dilaksanakan juga oleh Kaum Ibu di Kabupaten Maluku Tengah, kegiatan yang berlangsung di tanggal 19 Desember 2022 dan bertempat di Baileo Ir. Soekarno Pandopo Bupati Masohi ini memberikan nuansa ceria dan elegan ketika semua undangan dan hadirin yang hadir khususnya ibu-ibu menggunakan busana kebaya. Peringatan hari ibu yang digelar ini mendapat apresiasi penuh oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Maluku Tengah ketika membacakan sambutan Penjabat Bupati Maluku Tengah pada acara tersebut. Mengawali sambutannya Ibu Assiten satu Drs. Silviana Mattemu mengucapkan Selamat Memperingati Hari Ibu Ke-94 bagi seluruh kaum Ibu di Kabupaten Maluku Tengah.

Asisten satu pun mengapresiasi kegiatan Kampanye Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang juga telah dilaksanakan dalam rangka menyongsong peringtan Hari Ibu. Dikatakan  perempuan dan anak merupakan komponen bangsa yang sangat berharga, sama   berharganya   dengan   kaum   laki-laki. Untuk itu hendaknya pemberdayaan dan perlindungan masyarakat secara menyeluruh harus digalakkan, sehingga Paradigma  masyarakat atas kesetaraan gender harus senantiasa diluruskan, sehingga tercipta masyarakat yang saling menghargai dan menghormati, yang diharapkan berimplikasi terhadap menurunnya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Lanjut Mattemu, katakan Hari  Ibu  yang  diperingati  setiap  tanggal  22  Desember merupakan   bentuk  pengakuan   serta   penghargaan, atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke   masa. Tanggal ini dipilih untuk menghormati Kongres Perempuan I di  Yogyakarta   pada   tahun   1928, yang merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia. Maka  dari  itu, Peringatan  Hari  Ibu  di  Indonesia  bukanlah Mother’s Day,  melainkan momentum untuk     mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya  dan setara kedudukannya.

Assisten satu pun menyampaikan bahwa  kedepan diharapkan peringatan Hari Ibu ini dijadikan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak (agent of change). Beliaupun berpesan Melalui Peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 ini, kiranya   dapat   merayakan  berbagai   kemajuan   yang berhasil  diraih  oleh  perempuan,  sekaligus  mengingat  bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan.

Selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Ibu Bella Marasabessy pun katakan dalam sambutannya bahwa dua peringatan besar di akhir tahun ini tentunya menjadi sarana yang tepat untuk kampanye penghapusan segala jenis kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Maluku Tengah. Ketua TP PKK berharap kiranya peran serta lintas sektoral supaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan perlu dimaksimalkan. Dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak agar  dapat menjadi sarana sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat untuk menghentikan segala tindak kekerasan, khususnya terhadap perempuan dan anak.

Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah Ibu Bella juga mengimbau kepada para ibu untuk terus meningkatkan perannya dalam berbagai bidang demi kemajuan dan kesejahteraan keluarga dan siap berkontribusi bagi daerah, bangsa dan negara. Peringatan Hari Ibu ini pun di rayakan dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa bahagia. Hadir pada acara peringatan hari Ibu ke 94 ini, Assisten satu Setda Maluku Tengah, Ketua dan Pengurus TP PKK Kabupaten Maluku Tengah, Undangan dan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Maluku Tengah dengan menggunakan Busana Kebaya.

Sumber : IKP_ MALTENG

Editor : ( D.W/F.L )