Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Maluku Tengah Musim Haji 1444 H / 2023 M

images description

Masohi, Maltengkab.go.id – Pelaksanaan Acara Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Maluku Tengah Musim Haji 144 H/ 2023 M “Haji Ramah Lansia” yang bertempat di Aula Kementerian Agama Maluku Tengah dibuka secara resmi oleh Assisten I Setda Maluku Tengah Dra. Silviana Mattemu, M.Si (Selasa, 4/4/2023).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Maluku Tengah menyampaikan bahwa bahwa ibadah haji merupakan Rukun Islam Kelima yang wajib dilaksanakan oleh semua umat Islam, yang telah mempunyai kemampuan, minimal sekali seumur hidup. Dalam implementasinya, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tanggung jawab Pemerintah, yang dalam hal ini ditangani oleh Kementerian Agama.

Tujuan dari penyelenggaraan haji itu sendiri, adalah untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi Jemaah Haji, sehingga Jemaah Haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Oleh karenanya, sebelum berangkat melaksanakan/ mengerjakan Ibadah Haji ke Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah, setiap calon haji harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan, sehingga nantinya bisa memperoleh gelar “Haji Mabrur dan Maqbul“ yang diridhai Allah SWT.

Pada akhir sambutannya, Penjabat Bupati Maluku Tengah menyampaikan bahwa seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji dengan baik, tertib dan penuh perhatian demi meningkatkan pemahaman atau pengetahuan berhaji.

Acara Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Maluku Tengah Musim Haji 144 H/ 2023 M juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Maluku Tengah dan para calon Jemaah Haji.

 Sumber : IKP_ MALTENG
 Editor : ( H.L / F.L )