Pentingnya Saling Mengingatkan Tentang Amalan Baik

Jumat, 17 Jan 2020 | 19:37:57 WIB - Oleh pemkab


Pentingnya Saling Mengingatkan Tentang Amalan Baik

Masohi,- Ketua Majelis Ta'lim Gabungan Kabupaten Maluku Tengah Tuasikal Amien Ru'aty mengingatkan pentingnya saling mengingatkan antar sesama tentang amalan baik serta saling memaafkan satu dengan yang lain. "Ini akan menjadi semangat tersendiri dalam membangun daerah kedepan," tandas Ru'aty dalam sambutannya pada acara Halal bi Halal  Majelis Ta'lim Gabungan Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (27/6) di Aula Pandopo Bupati Malteng, Masohi.

“Selama digembleng 30 hari di bulan Ramadhan, jangan kita merasa benar dalam beribadah tapi paling penting terus pererat tali silaturahmi," serunya. Penyampaian Ru'aty ini sejalan dengan tema halal bi halal saat itu yakni "Dengan Hikmah Halal Bi Halal Kita Perkokoh tali silatirahim menuju  Maluku Tengah sebagai Jendela Indonesia Timur yang berbudaya bersahaja dan bersatu" serunya.

Hal senada diutarakan Kepala kemenag Malteng Hanafi Rumatiga. Lebih dari itu menurutnya, Kegiatan Halal bi Halal harus dilihat sebagai momentum spesial selepas perginya Ramadhan.  “Ini momentum untuk  saling memaafkan, mungkin dalam bebrapa waktu saling berselisih saat ini kita kita saling menghalalkan.  Bila hubungan antar sesama manusia tidak terjalin dengan baik maka itu berarti hubungan kita dengan Allah patut dipertanyakan,” katanya.

"Mudah-mudahan, melalui kegiatan Halal bi Halal ini, silaturahmi antar sesama semakin erat. Kasih sayang dan kebersamaan semakin tumbuh," harapannya. Hanafi mengatakan, Halal bi halal merupakan Kegiatan spesial, selepas  perginya bulan ramadhan. Sebab, menurutnya, apapun bentuk ketaatan, kekhusyukan kita, tapi bila hubungan dengan sesama kurang baik, maka hubungan kita dengan Tuhan pun tidak akan diperhitungkan. Hal ini pula yang menjadi poin penting dalam sambutan Ketua Dewan Syuro Majelis Ta'lim Kab Malteng, Tuasikal Abua.

Menurut Tuasikal, dalam seluruh aktifitas manusia, tentu ada kekeliruan dan ketidaksepahaman.  Halal bi Halal  penting dijadikan momentum saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi. Halal Bi Halal itu juga diisi dengan ceramah yang disampaikan Ustad Soleman Pary. Peran besar Syaitan atau Iblis untuj menjerumuskan manusia dalam alam kebinasaan dikupas tuntas dalam ceramahnya saat itu.

Kegiatan Halal bi Halal saat itu dihadiri oleh Bupati Maluku Tengah, yang juga Ketua Dewan Syuro Majelis Ta'lim Gabungan Maluku Tengah, Tuasikal Abua, Ketua Majelis Ta’lim Gabungan Maluku Tengah, Amin Ru’aty Tuasikal, Sekda Maluku Tengah Rakib Sahubawa, Kepala Kementrian Agama Maluku Tengah, Hanafi Rumatiga, Ketua MUI Maluku Tengah Hj Rajab Sese serta Sejumlah pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Maluku Tengah dan sejumlah tokoh Agama serta masyarakat Masohi turut hadir dalam acara Halal Bi Halal yang mengangkat tema “Dengan Hikmah Halal Bi Halal kita Perkokoh Tali Silahturahmi Menuju Maluku Tengah Menjadi Daerah Indonesia Timur yang berbudaya Bersahaja dan Bersatu” itu. (***) 



Jumat, 17 Jan 2020, 19:37:57 WIB Oleh : pemkab 574 View
Hasil Verifikasi Masa Sanggah Seleksi CPNS 2019 Lingkup Pemda Maluku Tengah
Jumat, 17 Jan 2020, 19:37:57 WIB Oleh : pemkab 38 View
Kreatifitas dan Inovasi Dalam Membangun Kabupaten Maluku Tengah
Jumat, 17 Jan 2020, 19:37:57 WIB Oleh : pemkab 19 View
Capaian Pemerintah di HUT Kota Masohi ke -62