Pemkab Malteng Siapkan Dokumen Pendukung, Wujudkan Kota Adipura
Pemerintah Daerah rencana jadikan Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah, sebagai Kota Sehat atau Kota Adipura.

Jumat, 15 Nov 2019 | 03:51:50 WIB - Oleh Abdul Ely


 Pemkab Malteng Siapkan Dokumen Pendukung, Wujudkan Kota Adipura

PEMKAB MALTENG, -Pemerintah Daerah rencana jadikan Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah, sebagai Kota Sehat atau Kota Adipura. 

Untuk menuju target tersebut Pemda setempat lakukan penguatan implementasi dan strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan jenis Sampah Rumah Tangga yang terintegrasi. 

Yang dimulai dengan menyusun Dokumen JAKSTRADA (Kebijakan Strategi Daerah)  yang akan dijadikan sebagai roadmap pengelolaan sampah rumah tangga di Maluku Tengah. 

"Tentu ketersediaan dokumen JAKSTRADA ini, menjadi sangat penting, sebab dokumen ini menjadi salah satu syarat bagi kita untuk dapat dinilai sebagai Daerah yang akan memperoleh penghargaan Adipura," kata Sekretaris Daerah Pemkab Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, disela kegiatan penguatan Implementasi  Jakstrada pengolahan sampah ruma tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga menuju kota Adipura, Masohi, Kamis14 November 2019.

Olehnya itu, melalui kegiatan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup setempat,  Dia benar-benar berharap agar seluruh instrumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah yang wajib disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

"harus dijadikan prioritas untuk dilaksanakan, termasuk Dokumen Jakstrada," tandas Sahubawa yang meneruskan harapan Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal, kepada pemangku kepentingan termasuk OPD terkait. 

Seluruh Pemangku kepentingan di Daerah tersebut kata Sahubawa, harus dapat bersinergi serta berkontribusi sehingga Dokumen Jakstrada Kabupaten Maluku Tengah dapat segera diselesaikan demi kepentingan dan kemajuan bersama. 

Kesempatan tersebut Sahubawa berterima kasih kepada Tim Pengendalian Pembangunan Ekoregion KLHK Sulawesi-Maluku yang sudah datang di Malteng  untuk memberikan penguatan dalam menyusun Dokumen Jakstrada.

"Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengendalian Pembangunan Ekoregion KLHK Sulawesi-Maluku atas waktu dan kesediaan memberikan dorongan dan bimbingan bagi Kabupaten Maluku Tengah," kata Sahubawa.