Bupati Maluku Tengah Terima Penghargaan Pangripta Nusantara Tahun 2013

PDFCetakSurel

Belum setahun menjadi Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua sudah menorah prestasi baik di pemerintahan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Prof Dr Armida S Alisjahbana SE MA, memberikan penghargaan Pangripta Nusantara 2013 kepada Abua Tuasikal di Birawa Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

Penghargaan Pangripta Nusantara 2013 merupakan ajang apresiasi tingkat nasional, sebagai penghargaan pemerintah pusat terhadap kualitas proses perencanaan, berikut dokumen perencanaan pembangunan (RKPD) yang dihasilkan oleh pemerintah daerah. Penghargaan ini dihajatkan untuk mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan.

Terpilihnya Kabupaten Maluku Tengah sebagai salah satu nominator penerima anugerah atau penghargaan Pangripta tahun 2013, menunjukkan bahwa dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Maluku Tengah tahun 2013 telah dinilai baik kualitasnya sesuai standar nasional oleh pemerintah pusat.

Kabupaten Maluku Tengah bersama 5 daerah kabupaten/kota lainnya di Indonesia menerima Anugerah Pangripta Nusantara 2013 pada tanggal 29 April 2014 dari Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, sebagai daerah yang meraih prestasi di bidang perencanaan pembangunan.

Bagi Abua, keberhasilan yang diraih, belum bisa melegakan hati, karena aspek penting lainnya yang juga harus dipenuhi adalah bagaimana menjamin agar dokumen perencanaan itu dapat lebih akomodatif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta sesuai dengan permasalahan dan perkembangan wilayah.

Karena itu, kata dia, disamping mendorong tersusunnya dokumen perencanaan yang berkualitas, pemerintah juga mendorong tersusunnya dokumen perencanaan yang aspiratif dan akomodatif, melalui Program Terobosan Tabaos Bupati Maluku Tengah, Masohi Menata Negeri.

“Dengan program terobosan ini, kita dapat memotret dengan jelas dan detail kemajuan dan permasalahan wilayah dan kebutuhan masyarakat Maluku Tengah. Langkah selanjutnya dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah adalah menyiapkan dan mematangkan rencana aksi. Ini merupakan pemantapan proses perencanaan, untuk memilih dan memilah program atau kegiatan pembangunan yang fokus dan tepat sasaran,” terang dia.

Abua Tuasikal berterima kasih kepada seluruh pimpinan SKPD dan Staf serta masyarakat Maluku Tengah, atas dukungan dan kerja keras mereka sampai meraih prestasi di tingkat nasional. “Tentu apa yang diraih masih perlu perbaikan secara terus menerus, sebagai ikhtiar untuk mendekati kesempurnaan. Masih banyak tugas yang harus dilakukan dan tentu saja membutuhkan dukungan dan kebersamaan seluruh elemen Masyarakat Maluku Tengah,” kata Abua Tuasikal.

Penghargaan ini akan menjadi motivasi dan mendorong menuju kesadaran baru untuk benar-benar membangun Kabupaten Maluku Tengah. Bukan hanya selangkah lebih maju, tetapi agar benar-benar maju. “Artinya, kesadaran akan penghargaan di tingkat nasional ini harus menjadi spirit untuk benar-benar mengembangkan seluruh sendi kehidupan dan pembangunan di daerah Kabupaten Maluku Tengah,” ungkap dia.

Penghargaan ini, lanjut dia, merupakan cara pemerintah daerah dan masyarakat Maluku Tengah menunjukkan eksistensi dan harkat sebagai masyarakat Maluku dan masyarakat Indonesia. “Tentunya, kita tidak ingin terus terbenam dalam rasa bangga akan penghargaan yang kita raih. Tetapi ini merupakan momentum dan motivasi untuk membangun kinerja dan prestasi baru yang terus berlanjut, yang merupakan peran semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan diri dan memajukan Daerah Maluku Tengah dan Provinsi Maluku,” pungkas Abua.

 

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 300098