Diskominfo Malteng Gelar Rakoor Percepatan Terciptanya E Goverment

PDFCetakSurel

Masohi..

Dalam rangka menyatukan presepsi penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Maluku Tengah, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Maluku Tengah, menggelar Rapat Koodinasi (Rakoor)  Percepatan Terciptanya E-Goverment, Senin (18/12) yang dipusatkan di Ruang Pertemuan Hotel Lelemuku Masohi.

Rapat Koordinasi yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tengah diikuti oleh Pimpinan OPD dan salah satu pejabat eselon III atau IV yang berada pada  OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Dikatakan oleh Plt. Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tengah (Ramly Thio, S.Hi) sebagai ketua penyelenggara Rapat Koordinasi bahwa Pengembangan sistem manajemen organisasi jaringan adalah suatu upaya untuk dapat memperpendek lini pengambilan keputusan serta memperluas rentang kendali, Organisasi pemerintah harus lebih terbuka untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi guna meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi dan menyediakan akses pelayanan publik. Melalui proses tersebut, pemerintah dapat mengoptimalisasikan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi, serta membentuk jaringan sistem manajemen dan proses kerja yang memungkinkan OPD dilingkup pemerintah kabupaten maluku tengah bekerja secara terpadu untuk menyederhanakan akses ke semua informasi dan layanan publik.

Upaya percepatan e-Government Kabupaten Maluku Tengah guna mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efisien sebagaimana yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003, yang merupakan payung dari seluruh kebijakan detail teknis dibidang e-government. Agar kebijakan pengembangan e-Government dapat dilaksanakan secara sistematik dan terpadu, maka masih diperlukan peraturan, standarisasi dan panduan yang konsisten dan saling mendukung.

Sementara Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) dalam sambutanya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Tengah (Bahrun Kalauw, SH).  Mengatakan bahwa, momentum rapat  ini sangat panting dan sangat diperlukan untuk mengevaluasi upaya-upaya yang telah dilakukan maupun berbagai kendala yang dihadapi terkait dengan penerapan E-Govemment pada seluruh SKPD untuk kepentingan percepatan pembangunan terutama peningkatan kualitas peiayanan publik sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Rapat Koordinasi ini harus mampu merefleksikan dengan cerdas capaian seluruh program dan kegiatan yang teIah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oieh seluruh SKPD yang terkait dengan penerapan E-Govemment serta harus mampu menghasilkan rencana kerja, tekad dan komitmen kita semua untuk mewujudkan pelayanan prima melalui penerapan E-Government di Maluku Tengah," terangnya.

Dikatakannya pula,  di era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, pelayanan publik di Indonesia terutama di jajaran pemerintah daerah menghadapi tantangan yang sangat besar. "Artinya semua proses layanan publik dapat diakses oleh seluruh warga Negara secara terintegrasi dengan cepat. Sistem layanan publik seperti itu dikenal dengan sebutan E-Govemment System yang bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, dimana layanan pemerintah bersifat transparan, akuntabel dan bebas Pungli dan korupsi.

Sistem ini, memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk membantu sistem pemerintahan dan pelayanan pubiik yang efektif dan eIisien," ujarnya. 
Menurutnya, hadirnya teknologi informasi dan komunikasl yang kian pesat saat ini, tentu berbagai arsip dan dokumen-dokumen yang dilakukan pada Iembaga pemerintah yang sebelumnya masih dilakukan secara manual, sekarang semuanya perlu dilakukan secara digital. 
"Karena selain bermanfaat untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi, juga untuk kepentingan transparansi, produktifitas kinerja penyelenggaraan pamerintahan dan pembangunan," tandasnya. (.....)

Sumber : timweb kominfo malteng

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 415481