PELANTIKAN BUPATI – WAKIL BUPATI MALUKU TENGAH

PDFCetakSurel

Ambon, Jumat, 08 September 2017

Gubernur Maluku (Ir. Said Assagaf) melantik Abua Tuasikal, SH dan Marlatu. L. Leleury, Se sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah Periode 2017 – 2022 berlangsung di lantai tujuh Kantor Gubernur Maluku. Turut hadir dalam acar Pelantikan dimaksud Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  dan SKPD Dilingkungan Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah.

Pelantikan kedua Pimpinan di Bumi Pamahanunusa ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.81-7627 tahun 2017 tentang Pengangkatan Abua Tuasikal, SH sebagai Bupati Mauku Tengah dan Nomor 132.81-7628 tahun 2017 tentang Pengangkatan Marlatu L. Leleury, SE sebagai Wakil Bupati Maluku Tengah periode 2017 – 2022, tertanggal 08 September 2017. Penetapan ini dalam rangka menindaklanjuti Keputusan 131.81-7625 tentang Pemberhentian Bupati Maluku Tengah (Abua Tuasikal, SH) dan Nomor 132.81-7626 tentang Pemberhentian Wakil Bupati Maluku Tengah (Marlatu. L. Leleury, SE) masa jabatan 2012 – 2017.

Dalam sambutannya Gubernur Maluku mengatakan, regulasi pilkada serentak, kemudian pelantikan secara serentak telah dilaksanakan dalam dua gelombang yakni oada tanggal 22 Mei dan 22 Agustus 2017. Kini kembali dilaksanakan proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah berdasarkan tanggal akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 08 September 2017. Dirinya memastikan bahwa pelantikan ini merupakan sebuah proses administrasi pemerintah yang normatif dan telah sesuai ketentuan yang berlaku.

Sekarang dipundak saudara berdua berlanjut sejuta harapan masyarakat yang merindukan kepemimpinan yang mampu membawa perubahan, maka mengawali ini selaku wakil pemerinah pusat di daerah, saya ingin Bupati dan Wakil Bupati dapat menjadi sosok keteladanan yang saling menghormati dan melengkapi satu dengan yang lain, guna menjadi contoh bagi masyarakat, ujar Gubernur Maluku.

Gubernur juga meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati dapat menindaklanjuti beberapa hal, pertama terkait dengan pelaksanaan Tour de Molucas (TdM)  yang merupakan sebuah kompetensi balap sepeda profesional berkelas dunia yang akan melintas Kabupaten Seram Bagian Barat – Kabupaten Maluku Tengah – Kabupaten seram Bagian Timur dan Kota Ambon mulai dari tanggal 18 sampai 22 September 2017. Untuk itu Gubernur Maluku berharap untuk terus memenatau persiapan, sehingga tidak timbul masalah yang berarti mengingat momentum ini menjadi tolak ukur dan menjadi agenda rutin berskala internasional, guna promosi pariwisata. Walaupun persiapan telah mencapai 90 persen, namun kepala daerah harus terus mengawal seluruh proses persiapan sehingga dapat berjalan sukses dan berkelanjutan.

Kedua, Maluku Tengah merupakan Kabupaten tertua di Provinsi Maluku, yang telah melahirkan sejumah kabupaten pemekaran. Dirinya yakin kedua Pimpinan telah bekerja keras, dalam menghadapai tantangan kedepan yang lebih sulit. Untuk itu Bupati dan Wakil Bupati dapat membuat terobosan dan lompatan inovasi dalam menjalankan pembangunan di daerah. Disampaikan pula oleh Gubernur Maluku dalam sambutannya bahwa sebagai pimpinan daerah, kita harus mampu berinovasi dan berpikir selangkah lebih maju terlebih di Kabupaten/Kota yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Olehnya itu saya perintahkan pimpinan OPD dapat menciptakan inovasi pelayanan publik.

Ketiga, sebagai daerah yang memiliki sumber daya manusia yang cukup besar, namun sumber daya alam yang ada belum tereksplorasi. Untuk itu kedua pimpinan harus melakukan langkah berbagai terobosan, dengan meningkatkan pendapatan asli daerah, permudah investasi yang kompetitif, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru. Selain itu kata Gubernur Maluku perbanyak program pemberdayaan masyarakat, baik itu kesehatan, perumahan, peningkatan komunikasi antar desa/kecamatan, pulau, guna membuka daerah yang masih terisolir.

Dirinya berharap kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah agar dapat menjaga semangat kemitraan dengan eksekutif, sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dan nantinya kedepan Pimpinan dan Anggota DPRD segera menjadwalkan rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian pidato mengawali masa kepemimpinan paling lambat satu minggu sejak hari ini. Hal yang sama jua disampaikan keada Forkopimda agar terus mendukung kepeminpinan yang baru. Setelah Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, dilaksanakan juga pelantikan Ketua Tim Pengerak PKK Maluku Tengah (Amien Ruati Tuasikal).

Sumber : Tim Web Kominfo Malteng

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 288360