PARIPURNA NOTA PENGANTAR RAPBD PERUBAHAN 2017

PDFCetakSurel

Masohi, Sabtu 26-08-2017

Paripurna DPRD Kabupaten Maluku Tengah ke-17 dalam masa Sidang II Tahun Sidang 2017 dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) Tahun 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Maluku Tengah diawali dengan penyampaian langsung nota pengantar oleh Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) kepada Forum Paripurna yang dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah.

Sidang Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Ibrahim Ruhunussa) berjalan lancar. Dikatakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Ibrahim Ruhunussa) bahwa Paripurna dimaksud dilaksanakan setelah DPRD bersama Pemda Maluku Tengah telah membahas bersama Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017 yang telah disetujui dalam Paripurna sebelumnya.

Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang disampaikan oleh Bupati Maluku Tengah, merupakan implementasi dan kesepakatan kita terhadap perubahan KUA dan PPAS yang telah dibahas bersama. Sementara itu Bupati Maluku Tengah dalam Pidatonya mengatakan adanya pengurangan Dana Alokasi Umum sehingga dalam RAPBD Perubahan terdapat beberapa kebijakan dan kegiatan yang dilakukan penyesuian.

Perubahan dimaksud disebabkan karena adanya perubahan makro ekonomi pada pertumbuhan ekonomi nasional sehingga terdapat alokasi dana transfer yang mengalami perubahan pada Dana Alokasi Umum (DAU). Sementara terjadi penambahan pendapatan pada Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk prasarana jalan dan kurang bayar tahun 2016. Dikatakan pula oleh Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH)  bahwa pada pos lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah dianggarkan Dana Biaya Operasional Sekolah (Dana BOS) sehingga terjadi penyesuaian penganggaran antara KUA/PPAS-P dan APBD-P tahun anggaran 2017, dimana anggaran Dana BOS harus dianggarkan pada pos lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah sebagai Hibah dari Pemerintah Provinsi.

Dikatakan pula, belanja daerah terjadi penyesuaian arah kebijakan sesuai alokasi dana yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, sedangkan dana asli daerah digunakan untuk menampung kegiatan yang sifatnya sangat mendesak dan tidak dapat ditunda. Sementara dalam batang tubuh Rancangan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017, sebagaimana disampaikan Bupati Maluku Tengah, bahwa untuk Pendapatan Daerah dianggarkan meningkat 10,22 % dari pendapatan sebelumnya sebesar Rp. 1,581 Triliun dan untuk belanja daerah dianggarkan naik 12,41 % dari belanja semula Rp. 1,610 triliun.

Sumber : Tim Web Kominfo Malteng

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 288365