UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONLA KE-109

PDFCetakSurel

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-109, yang digelar sabtu, 20 Mei 2017 dilapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tengah dihadiri oleh seluruh SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah berlangsung dalam suasana tertib dan penuh hikmat.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RUDIANTARA) dalam pidatonya yang dibacakan oleh Bupati Maluku Tengah (TUASIKAL ABUA, SH) mengatakan bahwa semangat Kebangkitan Nasional tidak pernah memudar, namun semakin menunjukan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari. semangat kebangkitan nasional telah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.

Dikatakan pula oleh (RUDIANTARA) Menteri Komunikasi dan Informatika RI sebagaimana yang dibacakan oleh Bupati Maluku Tengah (TUASIKAL ABUA, SH) bahwa Presiden Indonesia (JOKO WIDODO) pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan sesuai program nawacita, dimana aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pemerataan pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan. Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk yang masih sekitar 40 persen.

Namun bagi kita mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang mengiginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia. Upaya yang berlangsung hikmat dibawah sorotan tema “ PEMERATAAN PEMBANGUNAN INDONESIA YANG BERKEADILAN SESUAI WUJUD KEBANGKITAN NASIONAL “ merupakan pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam didalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor, misalnya pembangunan ketenagalistrikan yang dilakukan di 2.500 desa yang belum mendapatkan aliran listrik, relokasi subsidi listrik sebesar Rp. 12 triliun dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Dimana pembangunan infrastruktur diperlukan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi serta meningkatkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia yang salah satunya adalah infastruktur jalan raya. Sementara dibidang agraria telah dikuncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu lahan, kesempatan dan SDM. Sektor lainnya adalah pemerataan disektor Komunikasi dan Informatika melalui Program Palapa Ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga ketersediaan internet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas.

Inovasi digital memungkinkan kita diperhadapkan pada kejutan-kejutan dan tatacara baru dalam berhimpun dan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Satu hal yang pasti kata Menteri Kominfo (RUDIANTARA) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Maluku Tengah (TUASIKAL ABUA, SH) dalam acara dimaksud bahwa kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa ditengah gempuran lawan-lawan yang bisa makin tak kasat mata. Justru karena itulah maka kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Akhirnya Selamat Kebangkitan Nasional Ke – 109, Salam Indonesia Bangkit.

Sumber : diskominfo-malteng/2017.

 

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 260178