MUSREMBANG KABUPATEN MALUKU TENGAH TAHUN 2017

PDFCetakSurel

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2017, yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pendopo Bupati Maluku Tengah tanggal 18 Maret 2017, dibuka oleh Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan SKPD dalam lingkup Pemerintah Daerah Maluku Tengah, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Forkominda Kabupaten Maluku Tengah serta pejabat eselon III dan IV dilingkup Pemerintah Daerah Maluku Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) menyampaikan bahwa Musyawah Perencanaan Pembangunan atau MUSREMBANG RKPD KAB. MALUKU TENGAH TAHUN 2018 dilaksanakan guna memenuhi salah satu tugas dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintahan dibidang perencanaan pembangunan daerah. Musrembang  Kabupaten pada hari ini merupakan lanjutan dari musrembang negeri, musrembang kecamatan, forum skpd dan forum gabungan skpd yang telah dilaksanakan, dan mempunyai arti penting karena seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan program dan kegiatan dari masyarakat dengan rencana kerja dari masing-masing SKPD selanjutnya menjadi landasan dalam melaksanakan pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dikabupaten maluku tengah.

Mengawali Penyusunan RPJMD tahun 2018 yang menjadi tahun pertama RPJMD 2018-2022, Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) mengajak semua hadirin untuk sedikit merenungkan sejarah perkembangan daerah ini sehingga nantinya bisa menjadi inspirasi dan spirit untuk mulai merencanakan dan melaksanakan tugas – tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan pada priode 2018 – 2022 bahwa perjalanan panjang Kabupaten Maluku Tengah yang dibentuk pada tahun 1952 dan kota masohi sebagai ibukota kabupaten yang diresmikan oleh Presiden RI, Bpk. Ir. SOEKARNO pada tahun 1959 hingga kini tentunya bukan suatu kebetulan belaka melainkan karena ketulusan komitmen kelahirannya serta ikhtiar dari para pendiri, pemimpin dan tokoh masyarakat daerah ini yang ingin mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah ini. Sejauh ini berbagai pola pembangunan dan sistem pemerintahan telah dijalankan di Kabupaten Maluku Tengah dengan berbagai konsep pembangunan untuk memajukan daerah yang bermuara pada tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang maju. Konsep kemajuan dan kesejahteraan mendorong setiap pemimpin daerah untuk mampu menghadirkan suatu konsep kemajuan dan mensejahterakan masyarakat melalui berbagai pendekatan terutama secara teknokratik yang dikemas dalam visi dan misi pembangunan daerah.

Dikatakan Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abus, SH) bahwa sebagai pengemban amanat rakyat, marilah kita kembangkan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif mulai tahun 2018 melalui agenda pembangunan yang efisien dan memiliki dampak yang baik bagi seluruh sektor didaerah yang kita cintai ini. Berkenaan dengan itu mengakhiri kepemimpinan 2012 – 2017 dan mengawali periode kepemimpinan tahun 2018 – 2022, maka ditetapkan rencana pembangunan tahun 2018 adalah “ Masohi Menuju Cita Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara melalui pembangunan yang berkelanjutan “.

Dengan adanya revisi pembangunan daerah tentang pembentukan organisasi dan tata kerja dinas dan lembanga daerah kabupaten maluku tengah, kebijakan peningkatan alokasi dana untuk negeri maupun pelayanan kebutuhan kesehatan melalui PBJS daerah dan untuk menyiapkan perumahan yang layak bagi aparatur membawa implikasi terhadap porporsi jumlah belanja daerah baik belanja tidak langsung maupun belanja langsung. Oleh karena ini penyusunan belanja daerah tahun 2018 akan menggunakan pendekapan kinerja untuk menjamin efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran dengan mendahulukan alokasi belanja tidak langsung terutama komponen belanja gaji, tunjangan pegawai dan bantuan keuangan kepada negeri maupun BPJS Daerah. Dalam rangka efisiensi dan efektifitas anggaran daerah, maka pada belanja langsung khususnya pada komponen belanja pegawai serta belanja barang dan jasa perlu dilakukan penghematan sehingga tidak terlalu menyedot anggaran yang besar.

Sementara itu untuk mewujudkan kebutuhan daerah dan meningkatan kesejahteraan masyarakat maluku tengah maka fokus pelaksanaan berbagai program dan kegiatan terobosan pada tahun 2018 yang diarahkan pada tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan daya saing.

Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH) menegaskan bahwa RKPD mempunyai kedudukan peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 263 ayat 4 Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa RKPD merupakan penjabaran  dari rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD. para forum musrembang ini kembali saya ingatkan bahwa RKPD tahun anggaran 2018 yang akan disusun merupakan pelaksanaan tahun transisi kepemimpinan daerah atau peralihan dari akhir periode Pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2013-2017 menuju awal pelaksanaan RPJMD priode berikutnya. sebagai pelaksanaan tahun tansisi maka penyusunan RKPD 2018 dilaksanakan sebelum dokumen RPJMD 2018 – 2022 ditetapkan, sehingga masih mengaju pada RPJMD 2013 – 2017, selanjutya program pembangunan yang tertuang dalam RKPD tahun 2018 dijadikan sebagai program Pembangunan tahun pertama RPJMD 2018 – 2022.

 

Untuk itu kepada semua pimpinan SKPD, kata Bupati Maluku Tengah (Tuasikal Abua, SH), agar fokus dalam merencakana program – program unggulan baik bersifat lintas bidang dalam suatu SKPD maupun lintas SKPD . Demikian pula harapan Bupati agar seluruh pimpinan SKPD melalui terobosan untuk meningkatkan PAD dan memperkuat koordinasi perencanaan dengan kementerian/lembaga untuk mendapat dana transfer baik Dana Alokasi Khusus, Tugas Pembantuan maupun Dana Intensif Daerah.

sumber : kominfo.maltengkab/2017

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 260179