LOMBA FESTIVAL BUDAYA BANDA DAN RUMAH PERADABAN

PDFCetakSurel

Banda Kabupaten Maluku Tengah, 11/11/2016, Festival Budaya Banda yang setiap tahun digelar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tengah, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Mengingat kegiatan ini bukan hanya Festival Budaya Banda saja yang diperlombakan akan tetapi Konsep Rumah Peradaban juga dirangkaikan dalam acara tersebut.

Hadir dalam acara Festival ini Gubernur Maluku (Ir. Said Assagaf), Plt. Bupati Maluku Tengah (Drs. M. Saleh Thio), Forkopimda Kabupaten Maluku Tengah, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh elemen masyarakat kota banda. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11/11/2016 dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku (Said Assagaf) didampingi oleh Plt. Bupati Maluku Tengah (M. Saleh Thio) yang ditandai dengan Pemukulan Gong. Kegiatan ini berlangsung di depan Istana Mini Banda Neira.

Pada lomba Festival dimaksud terdapat berbagai kegiatan yang diperlombakan antara lain Lomba Perahu Belang (Kora – Kora), Lomba Pancing Tradisional, Lomba Foto Bawah Laut, Klompen Raksasa, Lomba Kuriner dan Lomba Joget Empang.

Sementara untuk kegiatan Rumah Peradaban, dilakukan beberapa kegiatan, diantaranya diskusi komunitas, Dialog Basudara, Pameran Aerkologi Multi Budaya, Autbond Aerkologi dan kegiatan sekolah Multi Budaya SMP/SLTA se Kecamatan Banda.

Dalam rangkaian perlombaan terdapat satu perlombaan yang dapat menyita perhatian Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Pemda Provinsi Maluku, masyarakat banda serta turis asing yang berada di Kecamatan Banda yaitu lomba perahu belang atau dikenal dengan pangayu manggurebe yang dilaksanakan pada tanggal 12/11/2016. Dimana seperti biasanya perlombaan ini dibagi atas dua kategori yaitu kategori perahu belang adat dan perahu belang nasional yang diikuti oleh 17 Negeri yang tersebar di Kecamatan Banda.

Gubernur Maluku (Ir. Said Assagaf) sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengatakan bahwa kegiatan saat ini sangatlah relevan dengan upaya pemda Provinsi Maluku dalam mengembangkan Pembangunan dibidang Pariwisata. Dikatanya pula bahwa Festival Pesona Budaya Banda dan Rumah Peradaban adalah konsep gagasan cerdas dari Pemda Maluku Tengah dan masyarakat banda karena hal ini sangat membantu Pemerintah Provinsi dalam upaya percepatan pembangunan dibidang pariwisata. Upaya percepatan dimaksud kata Gubernur Maluku (Ir. Said Assagaf) telah dicanangkan pemberian beasiswa kepada putra putri maluku, untuk study dibidang pariwisata, pembenahan dan pembangunan infrastruktur pariwisata, serta memperluas potensi dan promosi pariwisata maluku.

 

Indonesian English French German Hindi Italian Portuguese Russian Spanish

Kepala Daerah

Pariwisata

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

Wisata Sejarah di Kecamatan Leihitu

A. Benteng Amsterdam...
23 November 2013
Banda Naira

Banda Naira

Berbicara banda neira...
13 November 2013
Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Belgica pada...
13 November 2013
Upacara Pukul Sapu

Upacara Pukul Sapu

Upacara ini gelar untuk...
13 November 2013
Bambu Gila

Bambu Gila

Mantra, kemenyan, dan...
13 November 2013

Layanan Aduan

Statistics Pengunjung

  • Kunjungan : 260181